BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Skripsi
1. Definisi
Skripsi
Skripsi
adalah suatu karya tulis ilmiah, berupa paparan tulisan hasil penelitian yang
membahas suatu masalah dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan
kaidah-kaidah yang berlaku dalam bidang ilmu tersebut (Drs.
Jarwanto, 2005).
2.
Karakteristik Skripsi
·
Untuk bidang pendidikan, skripsi terarah pada eksplorasi atau
pemecahan masalah pendidikan.
·
Untuk bidang non-kependidikan, skripsi terarah pada
permasalahan bidang keilmuan yang sesuai dengan program studi mahasiswa.
·
Ditulis atas dasar hasil pengamatan dan observasi lapangan
atau penelaahan pustaka.
·
Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar (Rahyono
Fx, 2010)
3.
Tujuan Penulisan Skripsi
·
Ingin membuktikan
teori-teori yang sudah ada.
Seiring dengan perjalanan waktu ada banyak penelitian dan teori-teori lama sehingga ingin membuktikan apakah hasil penelitian atau teori yang telah ada masih cukup releven dengan keadaan saat ini.
Seiring dengan perjalanan waktu ada banyak penelitian dan teori-teori lama sehingga ingin membuktikan apakah hasil penelitian atau teori yang telah ada masih cukup releven dengan keadaan saat ini.
·
Menemukan adanya
teori-teori baru atau produk yang baru.
Tujuan ini dilaksanakan karena adanya tuntutan perkembang zaman atau kebutuhan yang ada. Penemuan teori atau produk yang baru akan memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Selain produk atau teori, penemuan juga dapat berupa cara, teknik atau hasil ilmu pengetahuan lainnya yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kehidupannya.
Tujuan ini dilaksanakan karena adanya tuntutan perkembang zaman atau kebutuhan yang ada. Penemuan teori atau produk yang baru akan memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Selain produk atau teori, penemuan juga dapat berupa cara, teknik atau hasil ilmu pengetahuan lainnya yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kehidupannya.
·
Mengembangkan hasil
penelitian yang sudah ada.
Tujuan penelitian ini menitikberatkan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menlalui perkembangan hasil penelitian yang sudah ada akan dapat mengembangkan apa yang sudah diteliti (Universitas Sriwijaya, 2009).
Tujuan penelitian ini menitikberatkan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menlalui perkembangan hasil penelitian yang sudah ada akan dapat mengembangkan apa yang sudah diteliti (Universitas Sriwijaya, 2009).
4.
Langkah Penulisan Skripsi
·
Menentukan
Topik Skripsi Sesuai Bakat-Minat
Pilihlah topik yang dikuasai dengan baik. Mulai mencari fenomena pada masyarakat yang sesuai dengan tema, dan gunakan ide sebagai solusi untuk diuji atau dikaji.
Pilihlah topik yang dikuasai dengan baik. Mulai mencari fenomena pada masyarakat yang sesuai dengan tema, dan gunakan ide sebagai solusi untuk diuji atau dikaji.
·
Membuat judul skripsi.
Judul skripsi dapat dibuat dengan beberapa langkah berikut:
~Tulislah terlebih dahulu tema penelitian
~Rangkailah kalimat yang baik dan benar hingga menjadi judul yang dengan tajam mencerminkan penelitian
~Gunakan cara membuat judul skripsi yang baik dan benar, yakni tidak menggunakan kalimat ambigu sebagai judul
Judul skripsi dapat dibuat dengan beberapa langkah berikut:
~Tulislah terlebih dahulu tema penelitian
~Rangkailah kalimat yang baik dan benar hingga menjadi judul yang dengan tajam mencerminkan penelitian
~Gunakan cara membuat judul skripsi yang baik dan benar, yakni tidak menggunakan kalimat ambigu sebagai judul
·
Mengkonsultasikan tema dan judul
skripsi Anda pada dosen pembimbing.
·
Menentukan
Dosen Pembimbing Yang Tepat.
o
Konsultasikan skripsi Anda dengan
dosen pembimbing yang tepat dan memotivasi kemajuan. Saat mulai konsultasi,
mulailah belajar cara membuat proposal skripsi pada dosen Atau pelajarilah
kembali tata tulis karya ilmiah dan diktat kuliah metodologi penelitian untuk
membekali saat konsultasi.
·
Susun
Kerangka Karya Tulis Anda
o
Penyusunan kerangka tulis pada
skripsi sangat penting karena akan membantu saat penulisan proposal skripsi
atau laporan skripsi. Tulis garis besar isi skripsi sesuai sistematika. kemukakan
ide dengan tajam dan akurat dalam menyikapi permasalahan yang di angkat.
sertakan data ilmiah yang terverifikasi sebagai sumber dari seluruh naskah
karya ilmiah, termasuk kerangka pikiran
·
Mempelajari
Dengan Baik Sistematika dan Tata Bahasa
o
Wajib menyusun skripsi dalam
sistematika sesuai buku petunjuk penulisan karya ilmiah kampus. Pelajari
pola penulisan karya tulis tersebut dengan baik sebari menyusun skripsi. Selain
sistematika penulisan, tata bahasa yang di gunakan harus sesuai dengan ragam
bahasa ilmiah (Universitas Sriwijaya, 2009).
5. Manfaat
Membuat Skripsi
·
Melatih mengembangkan
keterampilan membaca yang efektif
·
Melatih untuk
menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber
·
Meningkatkan
pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis
·
Memperoleh kepuasan
intelektual (Adi Purnomo, 2007).
6. Kesulitan
Dalam Menyusun Skripsi
·
Menemukan dan
merumuskan masalah
·
Kesulitan mencari
literatur atau bahan bacaan
·
Kesulitan metode
penelitian dan analisis data
·
Kesulitan dalam
menuangkan ide kedalam bahasa ilmiah
·
Takut menemui dosen
pembimbing
·
Dana dan waktu yang
terbatas (Herdian, 2012).
7. Cara
Meminimalisasi Kesulitan dalam Penyusunan Skripsi
·
Harus mempunyai
perencanaan yang matang
·
Memeta kegiatan
penyusunan skripsi
·
Memotivasi diri sendiri
·
Memfokuskan skripsi
pada materi yang disukai
·
Meningkatkan kemampuan
sosialisasi (Darmono dan Hasan, 2005)
2.2
Literatur
1. Pengertian
Literatur
Literatur
adalah bahan bacaan yang digunakan dalam berbagai aktivitas baik secara
intelektual maupun rekreasi (ALA Glosary of Library and Information Science,
1983).
2. Tujuan
Literatur
1. Menentukan
apa yang sudah diketahui dan belum diketahui tentang masalah, konsep, ataupun
ilmu.
2. Menentukan
pertanyaan yang tidak terjawab tentang konsep masalah.
3. Menentukan
suatu dukungan untuk perubahan tindakan praktek.
4. Menemukan
pertanyaan yang tidak terjawab tentang konsep masalah (Nursalam dan Siti
Pariani, 2000).
3. Jenis-jenis
Literatur
·
Menurut Lokasi
Penempatan :
a. Koleksi
Umum, terdiri atas buku untuk tingkat dewasa sudah diolah dan ditempatkan di
rak terbuka. Koleksi umum merupakan monograf dan judul dalam seri. Terbitan
berseri disini menjadi koleksi yang dapat dipinjam.
b. Koleksi
Referensi, atau koleksi rujukan menghimpun informasi yang secara langsung dapat
menjawab pertanyaan. Contoh : Kamus, direktori, katalog, bibliografi dan
lain-lain.
·
Menurut Tingkat
Ketajaman Analisis :
a. Literatur
Primer, adalah karya tulisan asli yang memuat kajian teori baru. Contoh : Majalah
ilmiah, laporan penelitian, disertasi, makalah seminar dan lain-lain.
b. Literatur
Sekunder, merupakan literatur yang berisi informasi mengenai literatur primer.
Contoh : Kamus, ensiklopedi, thesaurus, bibliografi dan lain-lain.
c. Literatur
Tersier, adalah yang memut informasi yang merupakan petunjuk untuk memperoleh
literatur sekunder. Yang termasuk literatur tersier adalah bibliografi dari
bibliografi dan direktori dari direktori dan lain-lain (Sulistyo-Basuki, 2002).
4. Langkah-Langkah
Mencari Literatur Yang Baik
a. Memakai
kata kunci, agar literatur yang di dapat lebih sesuai.
b. Menggunakan
peta dalam buku, yang dimaksud peta adalah daftar isi, indeks, dan glossary.
c. Menelusuri
satu petunjuk ke petunjuk lainnya, mencari skripsi atau jurnal penelitian yang
berkaitan dengan penelitian Anda.
d. Mencari
di wilayah baru, biasanya literatur yang kita cari tidak ada pada bidang kita.
e. Memakai
sumber kedua, menggunakan buku atau referensi tulisan orang lain yang mengutip
literatur lain sebelumnya (Nurhadi,2002).
5. Manfaat
Literatur
a. Membantu
pemilihan prosedur penelitian.
b. Menghindari
duplikasi penelitian, mendalami landasan teori.
c. Menunjang
perumusan masalah (Castetter and Heiser, 2009).
6. Fungsi
Penelusuran Literatur
Penelusuran
literatur adalah tahap penting dari sebuah penelitian akademik.
a. Fungsi
Kognitif
Meliputi menghindari keterulangan yang sia-sia,
mencari kebenaran penelitian terbaru, mencari teori yang dapat untuk menyusun
hipotesis.
b. Fungsi
Sosial
Menunjukkan kepada pembaca bahwa karya tulis kita
adalah penemuan baru dari yang sudah ada (Chris, 2001).
7. Contoh-Contoh
Literatur
a. Jurnal
b. Skripsi
c. Textbook
d. Majalah
penelitian
e. Kamus
f. Direktori
g. Ensiklopedi
(Ahmad, 2000).
2.3
ICT ( Information and Communication Technology)
1. Pengertian
ICT
Teknologi yang
diperlukan untuk memproses data. Ruang lingkup tajuknya sangat luas berkenan
segala aspek dalam pengurusan dan pemprosesan maklumat. Secara cepat dan mudah
penggunaan komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, memproses, memindah,
melihat, dan mendapatkan maklumat tanpa mengira tempat dan waktu (Ainulishak,
2015).
2. Tujuan
Pemanfaatan ICT
Untuk memecahkan suatu
masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan,
menjadi penyebab atau acuan diciptakan teknologi informasi. Dengan adanya
tekologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien
(Sutarman, 2009).
3. Peran
ICT dalam Dunia Pendidikan
a.
Sebagai gudang ilmu
pengetahuan, dengan ICT sumber ilmu pengetahuan menjadi begitu kaya bahkan
melimpah. Internet memiliki peran besar sebagai sumber ilmu pengetahuan yang
dapat diakses secara luas yang di dalamnya telah terkoneksi dengan ribuan
perpustakaan digital, jutaan artikel atau jurnal, jutaan e-book, dan lain-lain.
b.
Sebagai alat bantu
pembelajaran, bahwa pembelajaran saat ini lebih mudah dengan bantuan ICT. Untuk
menghadirkan kepada siswa melalui peralatan ICT seperti multimedia dan media
pembelajaran hasil olahan komputer seperti grafis, gambar, display, dan
lain-lain.
c.
Sebagai fasilitas
penidikan, memperluas kesempatan belajar, memfasilitasi pembentukan
keterampilan, dan yang bernuansa elektronik seperti komputer editing dan
lain-lain.
d.
Sebagai standar
kompetensi, sebagai mata pelajaran yang kita kenal TIK (Shara Y Huranaen,
2012).
4. Kelebihan
dan Kekurangan ICT
1) Keleihan
a. Gambar-
gambar dapat lebih mudah digunakan dalam proses mengajar dan memperbaiki daya
ingat.
b. Dosen
atau pengajar dapat lebih mudah menjelaskan instruksi yang rumit dan memastikan
pemahaman siswa.
c. Para
pengajar dapat membuat kelas interaktif dan membuat roses belajar mengajar
lebih menyenangkan (Munir, 2009).
2) Kekurangan
a. Permasalahan
dalam pengaturan dan pengoperasian dari alat tersebut.
b. Terlalu
mahal.
c. Kesulitan
para pengajar karena pengalaman yang sangat minim.
d. Sering
terjadi penyalahgunaan ICT (Munir, 2009).
2.4 INTERNET
1. Pengertian
Internet
Internet
adalah suatu pusat informasi bebas hambatan yaitu artinya dapat menghubungkan
satu pusat atau situs informasi ke situs informasi lainnya dalam waktu yang
relative mudah dan cepat, dengan demikian perpustakaan dapat terbantu adanya
internet dalam hal memuaskan kebutuhan informasi pengguna. (hasugian, 2006)
2.
Manfaat Internet
(lutfi, 2011)
1. Mendapatkan
informasi
2. Belajar
jarak jauh (E-learning)
3. Mengobrol
(chatting)
4.
Mengirim pesan (e-mail)
5. Internet
banking
2.5 Literatur Dapat
Mempermudah Dalam Pembuatan Skripsi
Literatur adalah bahan
bacaan yang digunakan dalam berbagai aktivitas baik secara intelektual maupun
rekreasi (ALA Glosary Of Library And Information Science, 1983). Dalam
pembuatan skripsi membutuhkan literature yang relevan. Apabila literature yang
digunakan relevan dan bisa bertanggung jawab maka skripsi yang dihasilkan akan
lebih bagus dan dapat dipercaya. Dengan literature yang relevan, akan
memudahkan kita untuk mengeksplor skripsi dengan teori-teori yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar