BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada saat ini banyak kesulitan yang dihadapi mahasiswa
dalam belajar. Hal ini disebabkan karena proses belajar didalam kelas yang
begitu-begitu saja, sehingga mahasiswa merasa jenuh belajar.
Oleh karena itu, sekarang banyak inovasi dalam pembelajaran yang dilakukan
oleh universitas-universitas yang ada di Indonesia. Misalnya inovasi
pembelajaran kuantum, kompetensi, kontekstual, dan problem based learning.
Untuk mengatasi kejenuhan dalam proses belejar-mengajar dan meningkatkan
kualitas diri mahasiswa.
Salah satu inovasi dalam pembelajaran yaitu problem based learning, problem
based learning ini merupakan progam student center yang dimana mahasiswa
belajar tentang subjek dalam konteks yang beraneka ragam, dan masalah yang
benar-benar terjadi (nyata). Tujuan dari problem based learning ini sendiri
adalah untuk menolong perkembangan pengetahuan mahasiswa secara fleksibel,
efektif, dan terampil dalam memecahkan masalah. Berdasarkan uraian diatas kami
akan memaparkan hasil kajian pustaka mengenai Problem Based Learning yang
kemudian dituangkan dalam bentuk makalahini yang berjudul “PengaruhMetode PBL (Problem
Based Learning)dalam Proses Pembelajaran”.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalahnya yaitu:
1.
Apakah metode PBL berpengaruh dalam proses pembelajaran?
1.3 Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini, pembaca diharapkan
untuk mengetahui pengaruhmetode PBL (Problem Based Learning) dalam proses pembelajan.
1.4 Manfaat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar